Senin, 03 Juni 2013

Bahasa Indonesia - Tugas 4

Kiat berkomunikasi dengan keluarga
Kurangnya komunikasi dengan keluarga bisa menjadi penyebab utama remaja menjadi penyalahguna narkoba. Keluarga yang cuek, sibuk dengan urusannya masing-masing, dan tidak saling perhatian membuat remaja mencari pelarian atas persoalan ini. Orang tua yang jarang bertemu dengan anaknya dan anak hanya diurus oleh pembantu bisa membuat anak hilang rasa hormatnya pada orang tua. Sehingga apabila anak diketahui melakukan penyalahgunaan narkoba oleh orang tuanya, nasihat sang orang tua tidak akan didengar oleh si anak. Sebab mereka memang selama ini tidak merasakan bahwa keberadaan orang tua dibutuhkan termasuk nasehat darinya. Keluarga adalah lingkungan yang paling dekat dengan remaja. Kekerasan di dalam keluarga yang sering dilihat anak akan mempengaruhi perkembangan psikisnya. Anak menjadi tertekan dan mudah frustrasi. Orang yang sedang frustrasi inilah yang dicari oleh pengedar narkoba sebagai konsumennya. Untuk membangun komunikasi dengan keluarga ada beberapa kiat yang dapat kita lakukan, antara lain:
a.        Harus saling bertemu.
Sesibuk apapun aktifitas yang dilakukan di luar rumah, tiap anggota keluarga terutama orang tua harus meluangkan waktu untuk saling bertemu dan berkumpul dengan sesama anggota keluarga. Karena ketika berkumpul masing-masing anggota keluarga akan saling bercerita tentang kegiatannya dan kesulitan yang dihadapinya.
b.       Jangan saling menyalahkan dan menekan.
Ketika ada anggota keluarga yang melakukan kesalahan jangan menyalahkan atau menekannya. Sebaiknya beritahu langkah yang benar yang sebaiknya dilakukannya.
c.        Memberikan dukungan.
Saling mendukung tiap aktivitas positif yang dilakukan anggota keluarga. Remaja memiliki banyak aktivitas, baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya. Dengan memberikan dukungan termasuk salah satu kiat dalam membina komunikasi dengan keluarga. Artinya keluarga mempunyai perhatian.
d.       Saling terbuka.
Remaja sebagai anak dalam keluarga ketika mempunyai persoalan atau masalah jangan pernah sungkan untuk menceritakannya kepada orang tua. Orang tua yang baik tentu akan membantu mencari jalan keluar atas masalah yang dihadapi anaknya. Untuk itu remaja harus terbuka kepada orang tuanya. Komunikasi yang baik dengan keluarga perlu dibangun sejak dini.
Ada beberapa cara yang tepat untuk berbicara dengan keluarga, yaitu :
             1.       Carilah waktu yang tepat. Sebaiknya tidak berbicara pada saat :
·      Orang tua baru pulang kerja
·      Wajah orang  tua terlihat muram
·      Orang tua sedang berbicara dengan orang lain
·      Saat saudara kita sedang mengerjakan tugasnya
             2.        Tetapi berbicaralah dengan mereka  ketika mereka dalam keadaan ceria dan siap mendengarkan permasalahan kita
             3.       Jangan emosi. Kita harus berbicara dengan nada yang rendah dan jangan terburu-buru menyampaikan persoalan kita
             4.       Apapun hasilnya : apakah masalah kita terpecahkan atau tidak ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar