Senin, 03 Juni 2013

Bahasa Indonesia - Tugas 3

PERILAKU SOSIAL YANG BERTANGGUNG JAWAB
 
Sikap respek terhadap orang lain
Sikap respek terhadap orang lain adalah sikap menghormati atau menghargai orang lain. Sikap ini didasarkan kepada kesadaran bahwa setiap manusia memiliki harkat dan martabat yang sama di hadapan Tuhan.
Sikap saling menghormati antarsesama, merupakan syarat mutlak bagi terciptanya kehidupan bersama yang sejahtera, dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan. Dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, sikap ini sangat penting dimiliki oleh setiap warga, apalagi mengingat bahwa masyarakat kita terdiri dari multi (keragaman) etnis, ras, agama, dan budaya. Apabila sikap ini tidak dimiliki oleh setiap warga, maka akan berkembang sikap saling melecehkan, merendahkan, baik perorangan maupun kelompok. Kondisi ini akan memicu munculnya sikap permusuhan dan saling mencurigai antara satu dengan  lainnya yang akhirnya akan memporak-porandakan persatuan dan kesatuan bangsa.
Sehubungan dengan hal itulah, maka Anda sebagai siswa, atau warga masyarakat dari negara yang memiliki keragaman suku, ras, agama, dan budaya, dituntut untuk memiliki sikap respek ini. Dalam kehidupan  Anda sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat pada umumnya, sikap respek terhadap orang lain itu dapat diwujudkan dalam perilaku sebagai berikut :
a.         Menghormati agama yang dianut teman atau orang lain.
b.         Menjalin persahabatan dengan orang lain, tanpa melihat perbedaan suku,  ras,  agama,  atau budaya.    
c.         Menghargai keadaan orang lain sebagaimana adanya.
d.         Menghargai pendapat teman (orang lain).
e.         Bertutur kata yang sopan.
f.          Tidak mencemoohkan atau melecehkan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar