Kenaikan
Tarif Commuter Line dengan Pelayanan PT. KAI
Pada
awal Oktober kemarin pihak PT. KAI Commuter Jabodetabek membeeritahukan tarif
baru kereta api, dengan kenaikan harga sebesar Rp. 2000,00- . Namun para
pengguna KRL Commuterline merasa kecewa karena kenaikan harga tesebut tidak di
imbangi dengan peningkatan PT. KAI Commuterline Jabodetabek. Pihak PT. KAI
sendiri menjanjikan tambahan armada kereta dan pembaharuan atau peremajaan
beberapa stasiun di wilayah Jabodetabek. Namun pada kenyataannya pelayanan dari
PT. KAI Commuterline Jabodetabek masih jauh dari memuaskan. Beberapa rangkaian
kereta masih mengalami gangguan seperti AC/ Blowwer yang tidak dingin ataupun
malah tidak berfungsi.
Kejdianyng
palingmendapat sorotan adalah kejadian kereta tujuan Bogor – Jakarta stasiun
Cilebut beberapa hari setelah kenaikan tarif kereta api. Meski tidak ada korban
jiwa, kejadian tersebut sempat menghambat jalannya transportasi. Menurut saksi
mata kereta memang tidak bejalan mulus seperti seharusnya. Ketika gerbong 1
& 2 memasuki peron Cilebut semua masih baik-baik saja, namun pada gerbong
ke 3 kereta mengalami anjlok yang disusul gerbang-gerbang lainnya. Sehingga
gerbong 7 & 8 melintang ke jalur Jakarta-Bogor. Para penumpang didalam
kereta semakin panik karena pintu kereta kunjung tidak terbuka. Setelah pintu kereta terbuka penumpang
berhamburan untuk menyelamatkan diri.
Kejaidan
itu menghambat transportasi kereta. Kereta tujuan Bogor-Jakarta tertahan di
stasiun Bogor karena tidak bisa lewat. Sedangkan Bogor-Jakarta hanya bisa
beroprasi sampai dengan Stasiun Bojonggede. Dan otomastis pula stasiun
Bojonggede menjadi stasiun utama keberangkatan kerata Jakarta-Bogor. Ganguan
ini berlangsung cukup lama sampai seiktar Pukul. 21.00 WIB.
Nyatanya
pelayanan yang diberikan PT. KAI belum memuaaskan karena sejak kenaikan tarif
masih sering terjadi gangguan-gangguan kecil yang menyebabkan keterlambatan
jadwal kereta. Semua harapan pengguna kereta pastilah sama agar dengan tarif
yang cukup mahal mereka mendapatkan kenyamanan yang optimal. Semoga ini menjadi
salah satu pertimbangan untuk PT.KAI Commuter Jabodetabek agar meningkatkan
kualitas pelayananya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar