Senin, 01 Oktober 2012

Metode Riset - Analisis Jurnal 2

Nama   : Nia Larasati
NPM    : 14210957
Tema   : Pemasaran

Penulis Jurnal                 : Siringoringo, Hotniar
Tahun penerbitan Jurnal : 3-May-2012
Judul Jurnal                    : Analisa Penelitian Penjualan Dan Pasar
Series/Report no.           : NO. 3, Jilid 7, Tahun 2002;
Motivasi                        : Bidang penelitian pemasaran cukup luas dan salah satunya adalah penelitian penjualan dan pasar. Penelitian penjualan dan pasar sebagian menggunakan data sekunder dan sebagian lagi menggunakan data primer dan pada umumnya merupakan data eksternal. Sumber data eksternal bisa dari Biro pusat Statistik (BPS), Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag) atau dari konsumen. Data dari BPS dan Deperindag merupakan data sekunder. Data yang diperoleh dari konsumen merupakan data primer. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dari konsumen adalah daftar pertanyaan. Daftar pertanyaan yang dibentuk harus diuji validitas dan reliabilitasnya. Validitas daftar pertanyaan berhubungan dengan isi atau hal yang harus ditanyakan; dengan demikian penentuan item-item yang akan ditanyakan harus diperhatikan. Reliabilitas berhubungan dengan konsistensi jawaban yang diperoleh dari responden. Validitas yang tidak baik menyebabkan kesalahan sistematis dan acak yang besar, sedangkan reliabilitas yang tidak baik menyebabkan kesalahan acak yang besar. Penyebab utama kesalahan penelitian penjualan dan pasar adalah kesalahan pengukuran. Kesalahan pengukuran pada penelitian penjualan dan pasar bisa lebih besar dibandingkan kesalahan yang disebabkan oleh sampling. Percobaan jarang digunakan dalam penelitian penjualan dan pasar. Beberapa penelitian penjualan dan pasar yang mungkin menggunakan teknik percobaan dalam pengumpulan datanya adalah uji pasar, studi saluran distribusi dan prediksi penjualan kausal.

PENDAHULUAN
    Penelitian penjualan dan pasar sebagai salah satu kajian dalam penelitian pemasaran sering dilakukan oleh perusahaan. Setiap perusahaan yang menyadari kelangsungan hidupnya tergantung dari penerimaan pasar terhadap produknya akan memberi perhatian yang cukup besar pada penelitian pemasaran. Salah satu alasan keengganan manajemen memperhatikan penelitian pemasaran adalah anggapan bahwa kegiatan itu membutuhkan dana yang cukup besar disamping anggapan bahwa informasi tentang pasar dapat mereka peroleh tanpa suatu studi yang terorganisasi. Penelitian memang pasti membutuhkan anggaran, tapi tidak selalu anggaran itu dalam jumlah yang besar. Bahkan penelitian yang membutuhkan anggaran besar kalau dievaluasi terhadap manfaat yang akan diperoleh akan sangat layak untuk dijalankan. Penelitian penjualan dan pasar sebagaimana penelitian pemasaran lainnya pada umumnya menggunakan instrument daftar pertanyaan atau wawancara dalam pengumpulan data. Peralatan yang canggih dan mahal tidak dibutuhkan. Anggaran yang harus dikeluarkan yang berhubungan dengan instrumen oleh karenanya hanya anggaran untuk perbanyakan dan penyebaran kuisioner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar