Senin, 01 Oktober 2012

Metode Riset - Analisis Jurnal 3

Nama    : Nia Larasati
NPM     : 14210957
Tema    : Pemasaran

Penulis Jurnal                 : Kamaliyah Amallia, Dessy
                                        Sugiharto, Toto
                                        Kurniasih Agustin, Sri
Tahun penerbitan Jurnal  : 5-May-2012
Judul                              : Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan                                              Konsumen Menggunakan Speedy
Motivasi                      : Pada zaman sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat, karena dengan internet kita dapat mengakses dan menemukan segala informasi di seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Dengan melihat fenomena bahwa kebutuhan internet dirasakan sangat penting, sehingga terjadi peningkatan jumlah pemakai internet yang setiap tahun selalu meningkat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri jumlah pemakai internet selalu meningkat dengan peningkatan yang cukup besar. Sekarang ini banyak sekali layanan-layanan internet yang menawarkan berbagai macam produk yang berkualitas. Namun, penyedia layanan internet tidak hanya harus menawarkan produknya tetapi juga melakukan promosi dari produk yang mereka miliki. Promosi dapat dilakukan dengan menggabungkan unsur bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan personal, dan pemasaran langsung terhadap keputusan konsumen menggunakan Speedy. Data yang digunakan pada penelitian adalah data primer yang diperoleh dari 100 responden pengguna Speedy dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dari berbagai kalangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Alat analisis yang digunakan pada penelitian adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama bauran promosi yang terdiri dari periklanan. promosi penjualan, publisitas, penjualan personal, dan pemasaran langsung berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Secara parsial dari ke-lima variabel tersebut hanya ada satu variabel yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen, yaitu promosi penjualan.

PENDAHULUAN
    Pada zaman sekarang ini, komputer menjadi suatu media yang sangat konvensional terlebih dengan teknologi lain yang di tanamkan didalamnya yaitu jaringan internet. Internet adalah jaringan komputer yang mampu menghubungkan jaringan computer diseluruh dunia sehingga informai berbagai jenis, dan dalam berbagai bentuk dapat dikomunikasikan antara 6 belahan dunia secara instan dan global. Teknologi informasi telah membuka mata duni akan sebuah dunia baru, interaksi baru, dunia kerja baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia tanpa batas.
    Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang, karena dengan internet kita dapat mengakses dan menemukan segala informasi diseluruh dunia dengan cepat dan mudah. Dengan melihat fenomena bahwa kebutuhan internet dirasakan sangat penting, sehingga terjadi peningkatan jumlah pemakai internet yang setiap tahun selalu meningkat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri jumlah pemakai internet selalu meningkat dengan peningkatan yang cukup besar. Sekarang ini banyak sekali layanan-layanan internet yang menawarkan berbagai macam produk yang berkualitas. Namun, penyedia layanan internet tidak hanya sekedar menjual produknya tetapi juga harus melakukan promosi dari produk yang mereka miliki.
    Promosi adalah suatu komunikasi dari penjual dan pembeli yang berasal dari informasi yang tepat yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut. Berdasarkan pengertian ini maka promosi merupakan aktifitas komunikasi yang berasal dari informasi yang tepat. Menurut Burnet (2000), promosi merupakan aktivitas pemasaran untuk mengkomunikasikan informasi tentang perusahaan dan produknya kepada konsumen sehingga menciptakan permintaan. Tujuan promosi sendiri adalah mendorong kesadaran  konsumen atas merek produk, memberikan informasi atas produk, serta memberikan dorongan kepada konsumen pasca pembelian.
    Setiap perusahaan tidak lepas dari kegiatan promosi dalam rangka memperkenalkan produknya. Hal ini pulalalh yang dilakukan oleh Speedy, sebagai salah satu penyedia layananinternet/provider internet dalam memasarkan dan memperkenalkan produknya dengan melakukan promosi, baik dari segi layanannya, keungguannya, maupun kualitas produknya sendiri. Menurut Kotler(2005) mengatakan bahwa unsur bauran promosi (promotion mix) terdiri atas lima perangkat utama, yaitu advertising (periklanan): merupakan semua penyajian non personal, promosi ide-ide, promosi produk atau jasa, yang dilakukan oleh sponsor tertentu yang dibayar, sales promotion (promosi penjualan): berbagai intensifjangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa, public relation and publicity (publisitas): berbagai program untuk mempromosikan dan/ melindungi citra perusahaan atau produk individualnya, personal selling (penjualan personal): interaksi langsung dengan calon pembeli atau lebih untuk melakukan persentasi, menjawab langsung dan menerima pesanan, direct marketing (pemasaran langsung): penggunaan surat, telepon, faksimil, e-mail, dan alat penghubung non personal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.
    Dalam penelitian pula diharapkan masyarakat luas lebih mudah dalam mendapatkan dan menggunakan fasilitas internet mengingat pada zaman sekarang ini internet memang sudah menjadialternatif yang digunakan masyarakat banyak untuk memenuhi kebutuhan mereka akan informasi.

1 komentar:

  1. Yth Nia Larasati,

    Saya mahasiswa aktif STIE dijakarta. Sedang menjalani proses skripsi yang akan menggunakan judul "Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Speedy" sebagai replikasi. Dalam kesempatan ini saya meminta bantuan anda untuk mau memberikan kuesioner jurnal tersebut pada saya sebagai salah satu syarat riset saya, karena tidak dilampirkan pada jurnalnya. Mohon untuk dikirimkan ke alamat email pipitloise@yahoo.com. Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan terimakasih.

    BalasHapus