Jumat, 09 November 2012

Tugas 2 Softskill - Analisis perilaku konsumen dalam membeli suatu barang melalui online shop

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
    Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain. Perilaku Konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka. Definisi lainnya adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.
    Konsumen memiliki banyak cara dan pertimbangan untuk membeli suatu barang atau menggunakan suatu jasa. Pertimbangan itu bisa dilihat antara lain dari efektifitas dan efisiensi, harga, model, dan spesifikasi suatu barang/ jasa. Bisa juga pertimbangan tersebut diambil dari kegunaan suatu barang/ jasa, atau malah mungkin pertimbangan yang diambil adalah untuk memenuhi hasrat gaya hidup semata. Namun apapun pertimbangannya seorang konsumen memanglah menjadi suatu raja dalam sebuah perdagangan. Keinginan merreka pulalah yang menyebabkan bervariasinya model-model sebuah barang/jasa.


1.2    Indentifikasi Masalah
    Sesuai dengan judul yang diambil terkait dengan perilaku konsumen dalam membeli barang/ jasa. Maka masalah yang dapat diidentifikasi adal sebagai berikut:
1)    Faktor internal yang mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu barang.
2)    Faktor konsumen memilih berbelanja di online shop


1.3 Pembatasan Masalah
    Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang akan dibahas dibatasi pada masalah:
1)    Faktor internal dalam pengambilan keputusan pembelian
2)    Media berbelanja secara online.



 
 
BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Perilaku Konsumen
    Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
    Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen antara lain adalah :
  1. Menurut James F. Engel - Roger D. Blackwell - Paul W. Miniard dalam Saladin terdapat tiga faktor yang mempengaruhinya, yaitu :
•  Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan si tuasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
•    Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
•    Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.
  2. Menurut Kotler dan Armstrong (1996) terdapat dua faktor dasar yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu faktor eksternal dan faktor internal. 
•    Faktor eksternal
      Faktor eksternal merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan, marketing strategy, dan kelompok referensi.   Kelompok referensi merupakan kelompok yang memiliki pengaruh     langsung maupun tidak langsung pada sikap dan prilaku konsumen. Kelompok referensi mempengaruhi perilaku seseorang dalam pembelian dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen dalam bertingkah laku.
•    Faktor internal
Faktor-faktor yang termasuk ke dalam faktor internal adalah motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup, kepribadian dan belajar. Belajar menggambarkan perubahan dalam perilaku seseorang individu yang bersumber dari pengalaman. Seringkali perilaku manusia diperoleh dari mempelajari sesuatu.

 
2.2 Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian suatu barang/ jasa
     Pembelian suatu barang/ jasa oleh seorang konsumen biasanya dilakukan melalui beberapa pertimbangan. Terdapat empat faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian yaitu:
1.    Motivasi (motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
2.    Persepsi (perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut.
3.    Pembentukan sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
4.    Integrasi (integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integrasi merupakan respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.


2.3 Faktor yang mempengaruhi konsumen membeli melalui Online shop
     Konsumen merupakan seorang raja dalam sebuah perdagangan. Konsumen selalu menginginkan sesuatu dengan harga murah dan kualitas baik, selain itu juga seorang konsumen biasanya menginginkan kemudahan dalam proses berbelanjanya. Untuk mempermudah konsumen dalam mebeli suatu produk maka muncullah cara berbelanja secara online atau juga dikenal sebagai online shop.
    Cara belanja secara online ini maksudnya adalah konsumen tidak melihat secara langsung barang yang dijual, tapi hanya bisa melihatnya melalui foto/ gambar. Jika sudah cocok/ sesuai dengan model, keinginan dan harga produk yang diinginkan maka konsumen akan memesan kepada penjual. Penjual dan pembeli lalu melaksanakan proses transaksi secara lebih intensif. Biasanya prosuk yang sudah dibeli dikirimkan melalui jasa pengiriman kilat. Dengan syarat konsumen harus mentransfer terlebih dahulu uang pembelian dan mengirimkan bukti transfernya. Dengan adanya media jejaring sosial sistem penjualan secara online ini semakin banyak digunakan baik oleh konsumen maupun oleh penjual. Ditambah juga sekarang semakin banyak konsumen menggunakan handphone blackberry yang juga merupakan salah satu media berjualan online.
    Ada banyak alasan konsumen untuk menggunakan media berbelanja secara online ini salah satunya adalah efisiensi waktu untuk mencari sebuah barang. Alasan lainnya adalah harga yang sama dengan harga toko, jenisnya berfariatif, bisa dilihat dalam satu tempat dan lain-lain. Berbelanja secara online memang sangat memudahkan konsumen yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja tetapi ingin mengikuti perkembangan model. Namum diantara kemudahan tersebut berbelanja secara onlinepun ternyata memiliki kekurangan. Kekurangannya antara lain terkadang apa yang diinginkan berbeda dengan yang didapatkan, proses pengiriman yang cukup lama dan tidak bisa melihat langsung sebuah produk.




 

BAB III
PENUTUP


3.1 Kesimpulan
     Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain. Perilaku Konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka. Faktor  yang mempengaruhi perilaku konsumen antara lain pengaruh lingkungan, perbedaan dan pengaruh individu, proses psikologis, faktor eksternal, faktor internal. Online shop menjadi salah satu media untuk memenuhi keinginan konsumen terhadap suatu barang/ jasa. Media ini dinilai memberikan kemudahan berupan pengefisienan waktu berbelanja. Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan media online shop antara lain terkadang apa yang diinginkan berbeda dengan yang didapatkan, proses pengiriman yang cukup lama dan tidak bisa melihat langsung sebuah produk, namun tetap saja media online shop ini menjadi primadona berbelanja konsumen.


3.2 Saran
    Para konsumen sebaiknya tetap memperhatikan kebutuhannya dalam berbelanja agar tidak menjadi konsumtif. Karena media online shop ini memiliki kecenderungan membuat konsumen menjadi konsumtif. Selain itu konsumen harus lebih selektif dalam memilih online shop caranya bisa dengan mendapatkan referensi dari teman atau orang yang pernah membeli suatu produk di online shop. Penjual yang menggunakan media online shop juga diharapkan mampu memberikan yang terbaik untuk konsumennya, karena konsumen adalah raja dan karena kepuasaan konsumenlah bisnis online shop ini akan terus berkembang.




SUMBER:     http://broncu.blogspot.com/2010/05/perilaku-konsumen.html
                    http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen




Nama: Nia Larasati
Kelas : 3EA12
NPM  : 14210957